VII_MODEL KOMUNIKASI


A. Komunikasi
 Komunikasi ialah suatu kegiatan yang di lakukan suatu pihak untuk menyampaikan berita kepada yang lain. Ada beberapa unsure-unsur untuk memungkinkan terjadinya komunikasi adalah sebagai berikut.

  1. Pengirim (Sender)
Harus ada yang mengirimkan pesan.
  1. Penerima (receper)
Harus ada tujuan kepada siapa pesan di tujukan unsure ini juga pemeran atau pelaku komunikasi.
  1. Pesan (Meseg)
Berita yang di komunikasikan harus ada yang di sampaikan.
  1. Media
Media yang di perlukan untuk membawa pesan agar sampai kepada penerima dalam telekomunikasi media di sebut Kanal Chanel.



Model Komunikasi

Contoh Komunikasi seperi ini terjadi pada saat kamu menonton Tv, mendengarkan Khutbah tau saat kamu menerima petuah seseorang dan kamu tidak berkomentar. Apabila si penerima bida juga menjadi pengirim dan si pengirim menjadi penerima (si penerima dan pengirim dapat berubah peran). Maka akan memperoleh model komunikasi dua arah.

Model komunikasi dua arah dapat terjadi ketika kamu berbincang dengan temanmu yang bersamamu, ketika kamu menerima pelajaran dari bapak/ibu guru dan kepada mu di beri kesempatan untuk bertanya . ketika pembicaraan melalui telepon, ketika rapat. Cara-cara melakukan Komunikasi.

1. Siapa pelaku komunikasi.
2. Dalam bentuk apa peasan di nyatakan (wujud).
3. Media apa yang yang di gunakan untuk mengirim pesan


B. Pelaku Komunikasi

Komunikasi yang sering di lakukan adalah komunikasi yang di lakukan manusia yang di sebut komunikasi antroposemiotik. Jika pelaku dan pengirim masing-masing satu orang , komunikasi itu di sebut Komunikasi Satu-satu atau lebih sering di kenal dengan istilah 4 mata. Contoh komunikasi satu satu ialah ketika kamu berbincang-bincang dengan sahabatmu.

Jika pengirim satu orang tetapi penerima sekelompok orang, Komunikasi seperti ini di sebut Komunikasi satu banyak. Contoh komunikasi satu banyak nadalah ketika kamu mendengarkan ceramah, khutbah atau pidato dari seorang komunikasi yang melibatkan sekelompok oranng sebagai pengirim maupun sebagai penerima komunikasi ini di sebut Banyak-banyak. Contohnya ketika terjadi pembahasan suatu rapat. Berikut adalah beberapa cara menyatakan pesan.

  • Menggunakan gerakan tangan, misalnya menggunakan tangan.
  • Menggunakan cahaya, misalnya menggunkan senter
  • Menggunakan bunyi-bunyian, misalnya menggunkan kentungan.
  • Menggunakan warna, msalnya warna pada lampu lalu lintas

Berkomunikasi adalah media membawa pesan dari pengirim ke penerima. Media pesan itu di sebut kanal. Komunikasi (chanel) dalam fisika mungkin sudah mengetahui bahwa media yang menghantarkan dari pengirim ke penerima adalah udara.Udara adalah hantar suara yang baik. Komunikasi percakapan langsung tidak mungkin terjadi di ruang hampa udara.

Komunikasi dengan percakapn langsung hanya bisa jika si pembaca (pengirim) dan si pendengar (penerima) berada pada jarak dengar. Contoh : Komunikasi suara (audio) jarak jauh menggunakan pesawat telepon dua arah, satu-satu.

Untuk komunikasi tertulis tersedia berbagai media tulis yang paling umum di gunkan nadalah kertas. Selain kertas, banyak media lain yang bisa di gunakan, seperti sepotong kain, papn tulis, kulit kayu dan dinding gua.

Bentuk komunikasi yang paling sering di gunkan oleh manusia adalh komunikasi dalam bentuk percakapan. Pengirim menyampaikan pesan dengan menggunakan kata-kata dalam suatu bahsa tertentu. Komukasi seperti ini di sebut komuniikasi lisan atau komunikasi verbal.Berikut adalah beberapa kelebihan dari berkomunikasi secara lisan.

  • Sangat mudah di lakukan (tidak melalui alat bantu)
  • Pada saat (kontak sosial) di antara yang berkomunikasi (pelaku)

Selain dari kelebihan tersebut, komunikasi lisan memiliki kekurangan, berikut adalah kekurangan dari komunikasi secara lisan.

  • Pesan tidak di simpan/ terekam (kecuali bila menggunakan alat bantu rekam). Pesan itu bisa berupa pengetahuan yang amat berharga, kalau hanay di simpan dalam ingatan (otak) bisa terlupakan.
  • Komunikasi hanya bisa di lakukan jika para komunikasi berada pada tempat yang sama (saling berdekatan, sejauh jangkauan telinga), pendengar dapat menangkap suara (pembicaraan) dan pada waktu yang sama.
  • Pesan yang terkirim bisa terdistorsi (pesan yang di kirim bisa tidak sama dengan yang di terima).

0 komentar:

Posting Komentar