VII_Operasi Dasar pada Operating System 4


  1. Penanganan Proses dalam Sistem Operasi
Penanganan proses dalam system operasi meliputi multiprogramming, multitasking, penyimpanan virtual, time sharing, dan multiprocessing.

a. Multiprograming
Suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih di jalankan secara serentak dalam sebuah computer dan berbagai sumber daya dalam waktu yang berlainan. Konsep multiprogramming bias diibaratkan sebagai pekerja yang tak hanya menangani satu pekerjaan, tetapi juga menangani pekerjaan lain, sehingga tak ada waktu yang terbuang.

b. Time Sharing
Suatu metode yang di pakai sitem operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai dapat berinteraksi dengan proses yang di buatnya secara bergantian dalam jumlah waktu yang sama. Time sharing merupakan pengembangan lebih lanjut dari multiprogramming.

c. Penyimpanan virtual
Suatu metode yang menangani sejumlah program dengan membagi program-program tersebut ke dalam bagian yang lebih kecil dan berukuran sama. Metode seperti ini di terapkan anatara lain pada Windows.

d. Multitasking
Kemampuan yang mungkinkan seorang pemakai menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama. Cara ini sangat umum dalam system PC.

e. Multiprocessing
Kemampuan system operasi yang menjalankan ua atau lebih instruksi secara serentak dengan menggunakan CPU dalam sebuah Komputer. Melalui system ini kita dapat menjalankan instruksi yang berbeda dalam sebuah program.

0 komentar:

Posting Komentar