VII_Operasi Dasar pada Operating System 3


  1. Cara keluar/ Mematikan, Restart, Log off, dan Hibernate (khusus NT/XP/2000) Windows

a. Cara shutdown adalah dengan mengklik tombol start lau pilih menu Turn off
b. Cara restart adalah mengklik start, turn offcomputer, kemudian pilih/tekan restart, maka computer akan di matikan dan kemudian menyala lagi dengan sendirinya
c. Cara Log off adalah sama dengan cara-cara sebelumnya, hanya log off di gunkan untuk berpindah antar user yang memakai computer.
d. Cara standby adalah sama dengan cara-cara sebelumnya, hanya standby adalah membiarkan computer dalam keadaan siaga namun tidak melakukan aktivitas apa pun, namun system tidak di matikan sama sekali.
e. Cara Hibernate adalah sama dengan cara-cara di atas, hanay hibernate adalah kegiatan menyimpan state/ kondisi akhir system Windows kita ke harddisk dan di catat oleh system sehingga pada saat kita menghidupkan kembali system, maka kondisi terakhir akan tetap sama dengan seperti sebelum di hibernate. Semoga program yang jalan tidak akan di matikan namun hanya di simpan sementara Hibernate hanya ada di system Windows XP saja.

  1. Macam Sistem Operasi
Di Lingkungan PC (Personal Computer), Windows dan Linux merupakan contoh system operasi yang popular banyak di pergunakan baik di perkantoran ataupun di rumah-rumah. Macam-macam system operasi windows, yaitu :

a. Windows 95                 d. Windows XP
b. Windows 98                e. Windows NT
c. Windows Me                f. Windows2000/ Windows XP

Untuk Windows 95, Windows 98, Windows Me dan Windows XP system operasinya memiliki kemampuan multitasking dan dapat di gunakan untuk membentuk kerja tim (workgroup) dengan membuat jaringan sederhana.

System dapat juga di gunakan sebagai klien dalam klien (server). Multitasking adalah suatu kemampuan yang memungkinkan searing pemakai menjalankan sejumlah program dalam wktu yang sama. Cara seperti ini umumya terdapat dalam system PC. System operasi ini mendikung plug dan play, yaitu suatu kemampuan yang secara otomatis dapat mengkonfigurasikan perangkat keras baru yang di tambah ke dalam system computer.

UNtuk Windows NT atau Windows 2000, sitem operasinya dengan antar muka grafis ini biasa di gunakan sebagai server mendukung multitasking dan multiprocessing. Multiprocessing merupakan suatu kemampuan system operasi yang menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah computer. Windows NT (New Technology), dirilis pertama kali pada tahun 1993. pada tahun 2000, Windows 2000 di luncurkan untuk menggantikan Windows NT versi 4.0.

0 komentar:

Posting Komentar