VII_Menggunakan Komputer dengan Posisi yang Benar

1. Pandangan Mata
Untuk mengurangi rasa sakit terhadap mata akibat pandangan focus ke laya monitor, di sarankan agar monitor memiliki layar anti silau, atau memakai kacamat berwarna.

2. Posisi Tubuh
Posisi duduk yang kuarang tepat dapat membuat kita kurang nyaman di depan computer. Oleh karena itu, carilah kursi yang dapat menyangga punggung dan membuat kaki dapat menjangkau lantai. Siku dan lutut harus membentuk sudut 90° serta duduk harus tegak. Letak keyboard harus sama tingginya dengan siku sehingga gerakan lengan dan jemari dapat mengurangi ketengangan otot dan persendian.

Paha dalam posisi horizontal dan punggung bagian bawah atau pinggang terdukung. Tanpa ini, punggung dan pinggang kita akan berpotensi mendapatkan gangguan. Bila kursi kurang dapat di atur, bagian bawah punggung dapat di Bantu dengan di beri bantal. Telapak kaki kita harus dapat menumpu secara rata di lantai ketika duduk dan ketika menggunakan keyboard.

Apabila tidak dapat, maka kursi tersebut mungkin terlalu tinggi dan kita memanfaatkan penyangga kaki. Kadang-kadang ubahlah dudukmu selama bekerja, duduk dala posisi tetap dalam jangka lama akan mempercepat ketidaknyamanan.

3. Letak Pergelangan Tangan, Jemari Tangan dan Lengan


Pada saat mengetik, pastikan bahwa letak pergelangan tangan, jemari tangan dan lengan dalam keadaan antai, tidak melingkung dan tegang. Hal ini di lakukan untuk menghindari penyakit Repetitive Strain Injury (RSI)/ penyakit radang sendi yang di sebabkan bila seseorang bekerja menggunkan mouse dan keyboard pada posisi yang tidak benar.

Penyakit ini di sebabkan karena bekerja menggunakan mouse dan keyboard setiap hari. Penyakit ini menyebabkan pergelangan tangan. Jemari tangan, dan lengan mengalami radang sendi. Saat mengetik pastikan bahwa pergelangan tanganmu santai atau tidak melengkung.

4. Beristirahat
Beristirahat selama 10 menit setelah bekerja selam 1 jam di depan computer agar mata dan orga tubuh lainnya juga beristirahat

5. Perawatan Komputer
Hal-hal lain yang perlu di perhatikan dalam menggunakan computer adalah

a. Merawat Perangkat Keras
computer memerlukan perawatan supaya tahan lama. Berikut adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam merawat perangkat keras.

  • Hindarkan dari rokok dan debu
  • Hindarkan dari sushu dan kelembapan tinggi
  • Jauhkan dari makanan dan minuman
·         Gunakan program khusus melindungi atau “park” harddisk saat menggerakan unit system. Letakan floppydisk pada floppydisk drive
  • Simpan floppy disk di tempatnya
  • Jangan sering menyalakan dan mematikan computer dalam sehari
  • Jangan biarkan monitor menyala terlalu lama dengan program yang sama
  • Jangan biarkan computer memakai stop kontak yang sama dengan peralatan elektronik lainnya

b. Bila Timbul Masalah
  • Bila computer berhenti bekerja, pertama-tama periksalah kabel yang terhubung dengan computer. Periksalah stop kontak koputer terhubung dengan peralatan lain misalnya alat penyedot debu
  • Bacalah semua perintah yang ada sehingga memudahkan kita
  • Hubungi perusahaan perangkat luak dank eras di tempat membeli computer karena mereka memberikan jasa untuk memecahkan masalah yang timbul.

c. Mengelola File
Pastika file pada harddisk di susun dalam directory sehingga mudah menemukan. Jangan lupa menyalin file dari harddisk ke dalam floppydisk atau CD sehingga jika file pada harddisk rusak maka masih ada salinannya. Hal ini di sebut backing up. Saat mem-back up file yang sudah terpakai, pindahkan file dari harddisk. Harddisk yang sudah penuh dan data yang bercampur aduk akan membuat computer berjalan lambat.

0 komentar:

Posting Komentar