VII_Operasi Dasar pada Operating System 2


  1. Mengaktifkan Sistem Operasi
Jika proses pada 2 poin di atas berhasil di laui computer dengan benar maka akan tampil system operasi yang kita gunakan (misalnya windows). Tampilan awalnya desktop system operasi Windows. Desktop adalah tapilan Windows secara umum pada saat pertama kali di jalankan, contohnya seperti berikut.


Di dalam Desktop Windows dapat terdiri dberbagai macam hal seperti berikut.
a. Wallpaper
Gambar yang menempel dia atas desktop. Windows menyediakan bebagai macam wallpaper berwaan sehingga kita dapat mengubahnya dengan mudah dan cepat. Format gamabar yang ddi dukung untuk membuat wallpaper anatara lain format file BMP (Bitmap)

b. Start menu
Tombol yang beisi berbagai macam program yang telah kita nstall, menu-menu lain yang dapat diakses oleh pengguna (user), seperti mendengarkan musik, menampilkan program editor teks.

c. Quick Launch
bagian bawah sebelah kiri, sebelah kanan start yang berisi icon-icon untuk shostcut-shortcut program yang telah kita definisikan. Shortcut adalah cara cepat untuk mejalankan program/ data yang di simpan pada suatu direktori tertentu. Shortcut beisi path menuju ke data/ program yang di maksud dan di simbolkan oleh icon tertentu.

d. Icon
gambar-gamabar kecil yang menempel di atas desktop yang diikuti dengan identitasnya. Tujuan dari icon ini adalah untuk memudahkan dalam mengaktifkan suatu program aplikasi. Icon ini dapat kita tambah atau kurang sesuai dengan kebutuhan kita, kalau terlalu banyak icon pada desktop akan mengurangi keindahan dari deskatop itu sendiri. Default dari icon program ini terdiri dari berikut ini.
  • My Computer, icon ini berfungsi dalam pengolahan file dan folder pada windows.
  • My Document, merupakan suatu folder standar pada windows, di mana semua data kita secara otomatis akan disimpan pada folder ini jika kita tidak menspesifikasikan tempatnya pada saat penyimpanan.
  • Internet Explorer, icon ini berfungsi untuk mengaktifkan software internet explorer, yang berfungsi untuk menjelajahi dunia maya internet.
  • Recyle Bin, tong samapahnya Wndows 200/XP, di mana setiap kali penghapusan file, file-file tersebut belum benar-benar di hapus, tetapi masih di simpan di reclye bin ini.
  • Banyak icon-icon lain yang ada pada layar desktop, tapi hal ini tergantung keperluan kita masing-masing.

e. Taskbar
batang panjang yang terdapat paling bawah desktop.

f. Beberapa istilah
  • Maximaze : kegiatan atau tanda kecil yang ada di pojok kanan atas setiap windows, yang berada di tengan (tanda kotak). Kegiatan yang di maksud adalah kegiatan memperbesar tampilan windows selebar ukuran resolusi layar monitor.
  • Minimize : kegiatan atau tanda kecil yang ada di pojok kanan atas setiap window, yang berada di paling kiri (tanda -). Kegiatan yang di maksud adalah kegiatan memperkecil tampilan window sehingga window yang tadi terbuka masuk ke taskbar
  • Close : kegiata atau tanda yang ada di pojok kanan atas setiap windows yang berada paling kanan (tanada X). kegiatan yang di maksud adalah kegiatan menutp jendela yang sedang aktif sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar