VII_Dampak Negatif Komputer terhadap Kesehatan

Computer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang banyak mendatangkan manfaat bagi penggunannya, karena terdapat nilai-nilai efisiensi dan efektivitas yang akan di peroleh. Namun di sisi lain, terdapat aspek yang membahayakan yang perlu kita antisipasi. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan kesehatan kerja selama penggunaan computer tersebut. Meski kesehatan kerja di pengaruhi oleh banyak factor, tetapi bagi orang yang memiliki intensitas pemakaian computer tinggi, computer menjadi factor penyebab gangguan kesehatan yang paling tinggi.

Apabila kamu termasuk orang yang memiliki intensitas pemakain computer tinggi, baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan, maka sisi kesehatan ini penting untuk kamu perhatikan secra serius mulai saat ini. Pemakaian computer itu tidak harus ketika kamu mengerjakan tugas dari guru atau rumah, tetapi ketika kamu bermain game, browsing internet, memutar film, dan sebagainya pun termasuk berpotensi mendapatkan gangguan kesehatan. Secara garis besar keseatan akibat pemakain computer yang salah dapat di kelompokan menjadi tiga yaitu :

1. Gangguan pada bagian mata dan kepala
Ini sering di sebut dengan computer vision syndrome, mulai dari nyeri atau sakit kepala, mata kering dan iritasi, mata lela, hingga gangguan yang lebih seius dan lebih permanent seperti kemampuan focus mata menjadi lemah, penglihatan kabur (astigmatisma, miopi, presbiopi), pandangan ganda, hingga disorientasi warna.

2.Gangguan pada lengan dan tangan
Gangguan pada bagian lengan dan telapak tangan mulai dari nyeri pada pengelangan tangan karena gangguan pada oto tendon di bagian pergelangan, nyeri siku, hinga cedera yang lebih seriu seperti Carpal Tunnel Syndrome, yaitu terjepitnya saraf di bagian pergelangan yang menyebabkan nyeri di sekujur tangan. Cedera ini harus segera di atasi sebelum terlambat, karena pada stadium lanjut tindakan operasi terpaksa harus di lakukan.

3. Gangguan pada leher, pundak, dan punggung
Kelompok gangguan lainnya berupa nyeri pada bagian leher, pundak, punggung dan pinggang. Nyeri di bagian ini sering pula mengakibatkan gangguan nyeri di bagian paha dan betis.

0 komentar:

Posting Komentar