Dengan Microsoft Excel, kita dapat menggunkan rumus atau formula yang dapat menjadikan pekerjaan lebih efisien.
- Operasi Hitung
Apabila kita belum pernah atau baru pertama kali menggunakan operasi hitung dengan komputer, mungkin agak bingung karena cara penulisannya berbeda.
Contoh :
- Tanda kali (X) di computer menggunakan bintang (*)
- Tanda bagi di kompute menggunakan garis miring (/)
- Formula
Penulisan rumus atau formula selalu diawali dengan menuliskan tanda sama dengan (=) di lanjtkan dengan menuliskan rumusnya pada formula bar.
Contoh :
Berapkah jumlah total A1 + A2 + A3? (lihat gambar)
Jawab :
(1) Ketik tanda sam dengan (=).
(2) Pindahkan kursor ke sel A1.
(3) Ketikan operator tanda plus (+).
(4) Pindahkan ke sel A2.
(5) Ketikkan operator tanda plus (+).
(6) Kemudian tekan Enter.
Untuk memsukan formula, kita dapat mengikuti langkah-langkah sebagi berikut.
(1) Klik sel yang akan diisi Formula.
(2) Ketikan tanda sama dengan (=).
(3) Jika kita klik perintah Function dari menu Insert, maka Microsoft Excel akan menyisipkan tanda sama dengan (=) secara otomatis.
(4) Ketikkan Formula, setelah selesai tekan Enter.
0 komentar:
Posting Komentar